Beranda Artikel Ilmiah Las Termit

Las Termit

1885
0
BERBAGI

Termit adalah komposisi piroteknik dari bubuk logam dan oksida logam, yang menghasilkan reaksi aluminothermic dikenal sebagai reaksi termit. Kebanyakan jenis-jenisnya tidak meledak, tetapi dapat membuat semburan pendek dari suhu yang sangat tinggi terfokus pada wilayah yang sangat kecil pada waktu yang singkat.

1

Komposisi yang terdapat dalam termit dapat bermacam-macam. Energi yang sering digunakan dapat berasal dari aluminium, magnesium, kalsium, titanium, seng, silikon, dan boron. Pengoksidasinya dapat berupa boron(III) oksida, silikon(IV) oksida, kromium(III) oksida, mangan(IV) oksida, besi(III) oksida, besi(II, III) oksida, tembaga(II) oksida, dan timbal(II, III, IV) oksida. Yang paling umum adalah termit aluminiumbesi (III) oksida.

Reaksi

Karena aluminium sangat reaktif, aluminium mereduksi oksida logam yang  lain, paling sering oksida besi, reaksinya adalah:

Fe 2 O 3 + 2Al → 2Fe + Al 2 O 3 + panas

Produk yang dihasilkan ini adalah aluminium oksida, membebaskan unsur besi (berupa besi cair ), dan membebaskan sejumlah besar panas. Reaktan yang biasa digunakan adalah berupa bubuk dan dicampur dengan bahan untuk menyimpan bahan yang padatan dan mencegah pemisahan.

Reaksi ini digunakan untuk